Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran

 Nama : Elis Listiani Fajrin

Nim : 208620600163

Prodi : PGSD semester 5



RUANG LINGKUP EVALUASI PEMBELAJARAN

1. Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Domain Hasil Belajar

A. Domain Kognitif (Cognitive Domain) 

1) Pengetahuan (Knowledge). Contoh : Ketika seseorang yang akrab rasa masakan baru, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma makanan.

2) Pemahaman (Comprehension). Contoh : Diberikan soal latihan untuk menguji pemahaman seseorang terkait materi yang telah di sampaikan.

3) Penerapan (Application). Contoh : Dalam penerapan Pancasila, dari sila pertama yaitu, Mengembangkan sikap saling menghormati, kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, dan lain sebagainya.

4) Analisis (Analysis). Contoh : Siswa diberi cerita pendek atau dongeng, mereka ditugaskan untuk menganalisis alur, latar, tokoh, penokohan/watak, sudut pandang, dll.

5) Sistesis (Synthesis). Contoh : menyimpulkan dan menceritakan kembali isi buku menurut pendapat seseorang.

6) Evaluasi (Evaluation). Contoh : membandingkan hasil belajar siswa kelas 3A dan kelas 3B.

B. Domain Afektif (Affective Domain)

1) Kemauan Menerima (Receiving). Contoh : kemauan diri sendiri untuk sekolah dan belajar dengan temannya dibimbing oleh guru.

2) Kemauan Menanggapi/Menjawab (Responding). Contoh : ketika diberi tugas atau pertanyaan oleh guru, siswa tersebut menanggapi atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

3) Menilai (Valuing). Contoh : Pada perilaku siswa mulai dari penerimaan sebuah nilai, latar belakang atau pengalaman untuk menerima nilai dan kesepakatan terhadap nilai.

4) Organisasi (Organizational). Contoh : Tidak membedakan antara satu dengan yang lainnya, seperti tidak membuli teman yang berbeda dengan dirinya.

C. Domain Psikomotor (Psychomotor Domain)

1) Muscular or Motor Skill. Contoh : keterampilan motorik halus seperti memegang mainan, menulis, menyobek kertas, bermain piano, dan lain sebagainya.

2) Manipulations of Materials or Object. Contoh : mereparasi bagian yang hilang dalam kerangka manusia.

3) Neuromuscular Coordination. Contoh : mengamati gerakan tubuh.



2. Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Sistem Pembelajaran

A. Program Pembelajaran, yang meliputi:

1) Tujuan Pembelajaran Umum atau Kompetensi Dasar. Contoh: selesai pembelajaran peserta mampu memahami teknik pengenalan dan pengukuran potensi diri dan diharapkan dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

2) Isi/Materi Pembelajaran. Contoh: Judul materinya Leadership, siswa diberikan isinya mengenai kepemimpinan siswa.

3) Metode Pembelajaran. Contoh : Metode Pembelajaran Tanya Jawab, Metode Pembelajaran Demonstrasi, Metode Pembelajaran Diskusi, dan lain sebagainya.

4) Media Pembelajaran.

5) Sumber Belajar.

6) Lingkungan

7) Penilaian Proses dan Hasil Belajar

B. Proses Pelaksanaan Pembelajaran, meliputi:

1) Kegiatan

2) Guru

3) Peserta Didik

C. Hasil Pembelajaran


3. Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Penilaian Proses dan Hasil Belajar

A. Sikap dan Kebiasaan, Motivasi, Minat, Bakat.

B. Pengetahuan dan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Bahan Pelajaran.

C. Kecerdasan Peserta Didik.

D. Perkembangan Jasmani/Kesehatan.

E. Keterampilan.


4. Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Penilaian Berbasis Kelas

A. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

B. Kompetensi Rumpun Pembelajaran

C. Kompetensi Lintas Kurikulum

D. Kompetensi Tamatan

E. Pencapaian Keterampilan Hidup





Komentar

Postingan Populer