Evaluasi pembelajaran
Menganalisis jangkauan penilaian pembelajaran Tambahkan sebuah contoh
Kognisi adalah konstruksi proses berpikir seperti memori, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Misalnya, guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa dan memberikan ruang bagi siswa untuk saling berbicara dan berbicara dengan temannya.
Emosional adalah sikap yang berhubungan dengan perasaan dan aspek emosional, penghargaan, antusiasme, nilai, minat, dll. Merasa seperti sesuatu, mencintai seseorang, menyukai budaya tertentu, dll.
Psikomotor adalah domain yang berhubungan dengan aktivitas fisik. Contoh lari, lompat, menggambar, menari, memukul, dll.
Program pembelajaran adalah strategi pembelajaran dan penilaian yang digunakan untuk menyampaikan dan menilai unit kompetensi. Misalnya, perencanaan program studi yang dimulai dengan pembuatan silabus dan diakhiri dengan rencana pembelajaran untuk menyelesaikan pembelajaran.
Proses penyampaian pembelajaran adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi secara sistematis untuk menentukan pencapaian tujuan pembelajaran. Misalnya, mengadakan TES untuk mengukur keberhasilan siswa. Hasil belajar adalah pernyataan yang menggambarkan pengetahuan atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa pada akhir tugas, kelas, kursus, atau program tertentu sehingga siswa memahami mengapa pengetahuan dan keterampilan itu berguna baginya. Contoh B. Kimia mengenal, merumuskan dan memecahkan masalah dalam kimia terpadu (kimia).
Sikap adalah teknik evaluasi diri (siswa) dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sikap dalam berperilaku. Misalnya, mendorong sikap belajar yang mengikuti aturan yang ada, seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, dan gotong royong.
Pengetahuan mengacu pada informasi atau persepsi yang diperoleh melalui pengalaman atau pendidikan, sedangkan pemahaman mengacu pada mengetahui atau mengenali makna atau penyebab yang dimaksud. Misalnya, seseorang yang mencoba hidangan baru memperoleh pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aromanya.
Kecerdasan adalah proses belajar untuk memecahkan masalah yang dapat diukur dengan tes kecerdasan, kecerdasan kualitatif adalah cara berpikir dalam membentuk blok bangunan untuk menghubungkan dan mengelola informasi dari luar, beradaptasi dengan diri sendiri. Misalnya, seseorang yang memiliki kemampuan dari sisi mata pelajaran itu sendiri, seberapa pintar atau pandainya mata pelajaran tersebut, atau yang memiliki kemampuan untuk belajar dari luar.
Perkembangan fisik adalah perubahan kemampuan tubuh, otak, sensorik dan motorik seseorang. Misalnya, perubahan cara berpikir anak, peningkatan berat badan atau tinggi badan. Ketangkasan adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik, cepat, dan akurat. Misalnya: mudah beradaptasi dengan lingkungan, mampu berperilaku baik kepada orang lain, dll.
Komentar
Posting Komentar