Evaluasi pembelajaran
Analisis dan contoh ruang lingkup evaluasi pembelajaran
•Domain hasil belajar
1. Kognitif
Kognitif dalam pembelajaran adalah gaya belajar aktif yang berfokus pada membantu anak peserta didik mempelajari cara memaksimalkan potensi otak anak peserta didik. Jadi kognitif ini memudahkan peserta didik untuk menghubungkan informasi baru dengan ide-ide yang ada sehingga memperdalam memori dan kapasitas retensi peserta didik.
Maksud dari penjelasan di atas yaitu kognitif sangat membantu dalam pembelajaran karena Melalui pembelajaran kognitif kita bisa mengetahui mana anak yang bisa memunculkan ide-ide dan memecahkan masalah dalam setiap mata pelajaran.
Contoh kognitif:
Tes : melalui soal-soal esai yang di berikan oleh seorang guru, kita bisa melihat dari tiap jawaban soalnya.
Non tes: melalui pertanyaan langsung tatap muka, sama kita bisa melihatnya melalui jawaban seorang peserta didik menemukan ide-ide unik atau tidak.
2. Afektif
Secara umum pengertian afektif adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan sikap, watak, perilaku, emosi, minat, serta nilai yang terdapat pada diri individu.
Maksud dari pengertian di atas yaitu kita sebagai seorang pendidik harus mengetahui sikap, watak, perilaku, emosi, minat, dan juga nilai terhadap anak peserta didik kita. Karena sebelum kita memulai pembelajaran berlangsung di pertemuan pertama kita harus mengetahui sikap dari tiap anak peserta didik agar kita mudah dalam melakukan pembelajaran, kita juga bisa mengimbangkan segala persoalan-persoalan di ruangan kelas pada saat pembelajaran.
Afektif ini perlu kita ketahui bahwa sangat berperan penting dalam pembelajaran karena melalui afektif kita bisa mengetahui minat seorang murid atau siswa termasuk ke dalam bidang apa, dan lebih menguasai dalam hal apa.
Contoh afektif:
Kita lakukan diskusi dengan cara bagi beberapa kelompok dalam satu kelas tersebut, lalu kita lihat bagaimana interaksi sesama teman kelompoknya satu persatu muridnya, setelah kita ketahui bahwa dia tidak cocok interaksi dengan satu kelompok nya maka di pertemuan selanjutnya kita bisa ubah bentuk kelompok nya agar diskusinya bisa dilakukan dengan bagus dan baik.
3. Psikomotor
Psikomotor adalah ranah yang berkaitan dengan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.
Jadi psikomotor ini lebih kedalam praktek seorang murid ketika di dalam maupun di luar kelas contohnya: lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya
•Sistem pembelajaran
1. Program pembelajaran
Definisi program pembelajaran adalah strategi pembelajaran dan penilaian yang digunakan untuk menyampaikan dan menilai unit kompetensi.
Program itu hanyalah sebuah rencana untuk kedepannya, jadi maksudnya yaitu seorang pendidik/guru membuat program pembelajaran untuk satu hari dan seterusnya sebelum pembelajaran berlangsung.
Contohnya yaitu Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
2. Proses pelaksanaan pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran adalah proses yang didalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru dan peserta didik dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dan peserta didik merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan.
Pembelajaran yang berlangsung setiap hari senin-sabtu itu termasuk pelaksanaan pembelajaran tujuannya yaitu untuk menyampaikan setiap materi mata pelajaran sekaligus menilai hasil akhir belajarnya.
Contohnya; Kegiatan belajar mengajar di kelas
3. Hasil pembelajaran
Hasil pembelajaran adalah pernyataan yang menggambarkan pengetahuan atau keterampilan yang harus diperoleh siswa pada akhir tugas, kelas, kursus, atau program tertentu, dan membantu siswa memahami mengapa pengetahuan dan keterampilan tersebut akan berguna bagi mereka.
Jadi hasil pembelajaran adalah akhri dari sistem pembelajaran atau step terakhir dari mulai program pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan akhirnya yaitu hasil pembelajaran.
Contohnya: Hasil pembelajaran ini bisa kita lihat dari mulai tugas-tugas, UTS, UAS dan juga kehadirannya.
•Proses dan hasil belajar
1. Sikap
Sikap yaitu hal yang sangat mencerminkan kepribadian seorang anak peserta didik, maka dari itu kita perlu memantau sikap seorang anak agar tidak melakukan hal-hal yang kurang baik ketika di luar pantauan kita
Contoh;
Sikap baik yaitu bertanggung jawab, jujur, rendah hati, dan juga amanah
Sikap tidak baik yaitu kebalikan dari sikap baik tersebut
2. Pengetahuan dan pemahaman
Pengetahuan mengacu pada informasi atau kesadaran yang diperoleh melalui pengalaman atau pendidikan sedangkan pemahaman mengacu pada mengetahui atau menyadari makna atau penyebab yang dimaksudkan dari sesuatu.
Contoh;
Pengetahuan dapat di peroleh melalui pengalaman misalnya kemah pramuka dan sebagainya sedangkan pemahaman itu bisa melalui membaca.
3. Kecerdasan
Kecerdasan itu berbeda dengan orang yang pintar karena cerdas adalah berasal dari ide-ide tersendiri yang terdapat dari gabungan gabungan menurut orang lain, sedangkan pintar itu dia rajin belajar sehingga bisa menjawab setiap pertanyaan dengan baik.
Secara intelektual ada beberapa kecerdasan yaitu;
Kecerdasan linguistik
Kecerdasan matematika atau logika
Kecerdasan spasial
Kecerdasan kinestetik dan jasmani
Kecerdasan musikal
Kecerdasan interpersonal
Kecerdasan intrapersonal
Kecerdasan eksistensial.
4. PERKEMBANGAN JASMANI Pengembangan jasmani adalah suatu proses kegiatan seseorang yang menghasilkan cara yang baru di dalam mempelajari gerakan, melalui langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, dan penyempurnaan berdasarkan penilaiaan yang dilaku kan secara terus-menerus selama kegiatan itu berlangsung.
Contohnya; olahraga
5. Keterampilan adalah pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari (Sudjana, 1996:17). Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa keterampilan adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik, cepat, dan tepat.
Contoh keterampilan;
Keterampilan verbal
Keterampilan matematika
Keterampilan kinestik-jasmani
Keterampilan musik
Keterampilan interpersonal
Kecerdasan intrapersonal
Kecerdasam spasial.
•Penilaian berbasis kelas
1. Kompetensi dasar adalah bentuk penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan sikap setelah mendapatkan materi pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu. Kompetensi ini dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik dan harus mengacu pada kompetensi inti yang telah dirumuskan.
2. Rumpun pelajaran adalah merupakan kumpulan dari mata pelajaran atau disiplin ilmu yang lebihspesifik. Kompetensi rumpun pelajaran pada hakikatnya merupakan pengetahuan,ketrampilan, sikap, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikirdan bertindak yang seharusnya dicapai oleh peserta didik setelah menyelesaikanrumpun pelajaran tersebut. Misalnya rumpun mata pelajaran Sains
3.Standar kompetensi lintas kurikulum merupakan kecakapan untuk hidup dan belajar sepanjang hayat yang dibakukan dan harus dicapai oleh siswa melalui pengalaman belajar.
4. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan pengetahuan, dan keterampilan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati disepakati.
5. Seperti yang sudah Glints paparkan, life skill adalah kumpulan keterampilan yang kamu butuhkan untuk bertahan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut juga mengacu pada kehidupanmu di dunia kerja. Sebab, skill ini bisa mempermudahmu saat menangani semua tugas dan rintangan yang ditemukan selama aktif bekerja.
Komentar
Posting Komentar