Evaluasi pembelajaran
-Domain hasil Belajar
1.kognitif
Kognitif adalah proses pembelajaran yang mencakup kemampuan, pengetahuan, atau pemahaman yang dimiliki oleh individu. Aspek kognitif berguna untuk mengembangkan kemampuan manusia untuk berpikir secara rasional. Dalam aspek kognitif ini, pengetahuan biasanya diukur dalam kegiatan praktek, menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan suatu masalah.Contoh aspek kognitif:Belajar Menghitung,menulis dan membaca
2.Afektif
Aspek Afektif adalah proses pembelajaran yang mencakup bagaimana seorang individu berperilaku atau cara bersikap dalam lingkungan sosialnya. Dalam aspek afektif ini kita dapat melihat bahwa perkembangannya adalah dalam menghadapi emosi, perasaan, semangat dan sikap. Untuk mengetahui penilaian afektif biasanya dilakukan dengan tantangan yang menekan emosi individu.Contoh :aspek afektif:Berpartisipasi dalam diskusi kelas, memberikan/menyampaikan presentasi di depan kelas.
3. Psikomotorik
Aspek psikomotorik merupakan proses belajar yang mencakup keterampilan individu dalam suatu hal. Biasanya aspek psikomotorik ini berkaitan dengan bagaimana minat seseorang. Biasanya setiap individu memiliki bakat atau kelebihan yang dimilikinya.Contoh aspek psikomotorik:Menulis merupakan tahap awal dalam melihat motorik seseorang ketika memasuki masa sekolah. Hal ini terjadi ketika awal pendidikan formal dasar, keterampilan tangan sangat dilatih dan terus berlatih hingga mampu menulis.
-Sistem pembelajaran
4.program pembelajaran
Program pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran, metode ,materi , cara penyampaiannya, penyiapan alat atau media yang digunakan. .Contoh: Rpp
5. proses pelaksanaan pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah keseluruhan proses memikirkan dan menentukan segala kegiatan yang akan dilakukan pada masa sekarang dan masa yang akan datang dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Contoh dari pelaksanaan pembelajaran :Silabus atau Rpp
6.Hasil belajar
Hasil belajar adalah hasil pengetahuan siswa baik untuk jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Contohnya saat pengisian buku rapor.
-Proses dan hasil belajar
7.sikap
Sikap adalah kepribadian diri kita yang dpt di nilai orang lain dengan baik atau tidk baik dan bisa ditandakan juga dengan perilaku serta etika yang dimiliki pada manusia. contoh dari sikap :membatu orang lain.
8.Pengetahuan
Pengetahuan adalah informasi yang di peroleh manusia melalui pengamatan akal.yang diproses dan diatur dalam sebuah pemahaman, pembelajaran, dan pengalaman sehingga dapat diterapkan pada masalah/proses tertentu.Contoh Pengetahuan: Seseorang yang mencicipi buah yang belum pernah dimakannya, maka orang tersebut akan memperolah pengetahuan yaitu tentang rasa, bentuk, ukuran, nama buah.
9.Kecerdasaan
Kecerdasaan adalah yang mencakup sejumlah kemampuan, merencanakan, .memecahkan masalah, memahami ide, memahami, dan belajar. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut dengan tes IQ.Contoh dari kecerdasaan :Ketika mendapatkan masalah hidup, sabar menjalaninya, karena sadar betul bahwasanya ini hanya sebuah ujian.
10.Perkembangan jasmani
Perkembangan jasmani adalah suatu proses bertumbuhnya fisik dan kekuatan seseorang.Dan proses kegiatan peserta didik yang menghasilkan cara yang baru di dalam mempelajari gerakan. Contohnya apakah peserta didik sudah membiasakan hidup sehat.
11.Keterampilan
Keterampilan adalah kemampuan dasar dalam diri manusia yang harus dilatih, diasah, dan dikembangkan secara terus menerus sehingga menjadi potensi dalam melakukan sesuatu. Selain itu, untuk mengembangkan keterampilan diperlukan proses mengasah nalar atau berpikir. Contoh dari keterampilan :Menulis merupakan tahap awal dalam melihat motorik seseorang ketika memasuki masa sekolah. Hal ini terjadi ketika awal pendidikan formal dasar, keterampilan tangan sangat dilatih dan terus berlatih hingga mampu menulis.
-Penilaian berbasis kelas
12.Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar atau yang biasa disingkat dengan KD adalah kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh siswa melalui proses pembelajaran.Contoh dari kompetensi dasar : adanya indikator yang di buat sebagai patokan
13. kompetensi rumpun pelajaran
kompetensi rumpun pelajaran adalah kumpulan mata pelajaran yang lebih spesifik. Kompetensi rumpun pelajaran adalah pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang tercermin dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang harus dicapai siswa setelah menyelesaikan rumpun pelajaran. contoh : kelompok mata pelajaran IPA merupakan kumpulan dari , Kimia, dan Biologi.
14. kompetensi lintas kurikulum
kompetensi lintas kurikulum adalah pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak, baik mencakup kecakapan belajar sepanjang hayat maupun kecakapan hidup yang harus dikuasai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar secara berkesinambungan.
15. kompetensi tamatan
kompetensi tamatan adalah pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak setelah peserta didik menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu. untuk meluluskan atau menamatkan peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu, diperlukan kompetensi tamatan.
16.Keterampilan hidup
Kecakapan hidup yang di miliki peserta didik melalui berbagai pengalaman belajar, juga perlu dinilai sesuai dengan kebutuhan dalam bertumbuh dan berkembang dalam kehidupan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat masyarakat.
Komentar
Posting Komentar