Manajemen pendidikan inklusif

 Asalamualaikum 

Berikut adalah review jurnal manajemen pendidikan. 

Pengenalan  

Nama : Mujami

Prodi : PGSD

Tanggal : jumat 15 April 2022 

Tempat cadasari pandeglang banten

.

.

pendidikan inklusif telah dijamin oleh UUD 

1995 RI, pasal 31 ayat (1) yang menyatakan 

bahwa “setiap warga negara berhak

mendapatkan pendidikan”. Hal ini kembali 

diperkuat dengan Permendiknas Nomor 70 

Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi 

Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan 

Memiliki Potensi Kecerdasab dan/atau Bakat 

Istimewa. Di dalam peraturan menteri tersebut, 

pasal 1 menyatakan bahwa, “pendidikan 

inklusif adalah sistem penyelenggaraan yang 

memberikan kesempatan kepada semua peserta 

didik yang memiliki kelainan dan memiliki 

potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa 

untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran 

dalam satu lingkungan pendidikan secara 

bersama-sama dengan peserta didik pada 

umumnya”

METODE

A. Pendekatan dan Rancangan Penelitian

Penelitian ini menggunakan 

pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian 

deskriptif kualitatif. Moleong (2014:6) 

mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif 

adalah penelitian yang bermaksud untuk 

memahami fenomena tentang apa yang dialami 

oleh subjek penelitian misalnya perilaku, 

persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara 

holistik, dan dengan cara deskripsi dalam 

bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu 

konteks khusus yang alamiah dan dengan 

memanfaatkan berbagai metode alamiah.

Pemilihan jenis penelitian deskriptif 

kualitatif, didasarkan pada fokus penelitian 

yaitu mendeskripsikan manjemen pendidikan 

inklusif di SMP Negeri 4 Sidoarjo. Hal ini 

sebagaimana diungkapkan oleh Sukardi 

(2014:157) yang menjelaskan bahwa penelitian 

deskriptif bertujuan menggambarkan secara 

sistematis subjek dan objek yang diteliti. 

Sugiyono (2016:393) menjelaskan 

rancangan penelitian kualitatif masih bersifat 

sementara dan akan berkembang setelah 

penelitian dilaksanakan. Adapun dalam 

penelitian ini 

menggunakan rancangan 

penelitian deskriptif self – report (laporan diri). 

Dalam rancangan penelitian ini, informasi 

dikumpulkan langsung oleh peneliti (Sukardi, 

2014:159).

B. Data dan Sumber Data Penelitian 

Data dalam penelitian ini berupa data 

kualitatif hasil wawancara, observasi,serta 

dokumentasi. Pemilihan lokasi penelitian ini 

dilakukan hanya dengan satu sekolah inklusif 

saja yaitu di SMP Negeri 4 Sidoarjo, Jalan Suko 

Sidoarjo.

Sumber data penelitian terdiri dari 

sumber data primer dan sumber data sekunder. 

Sumber data primer diperoleh melalui subjek 

penelitian yang meliputi: kepala sekolah, wakil 

kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala 

sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran, 

guru pembimbing khusus. Sedangkan sumber 

data sekunder diperoleh dari berbagai 

dokumen-dokumen yang relevan lainnya.

C. Teknik Pengumpulan Data 

Teknik pengumpulan data yang 

digunakan meliputi: observasi, wawancara, 

dan dokumentasi dengan penjelasan sebagai 

berikut : 

1. Wawancara 

Teknik wawancara ini dipilih agar 

fokus penelitian dapat langsung terjawab.

Data yang diperoleh nantinya berupa data 

tertulis sesuai pedoman wawancara. 

Adapun informan wawancara dalam 

penelitian ini meliputi: kepala sekolah 

sebagai informan 1, wakil kepala sekolah 

bidang kesiswaan sebagai informan 2, 

wakil kepala sekolah bidang kurikulum 

sebagai informan 3, wakil kepala sekolah 

bidang sarana dan prasarana sebagai 

informan 4, guru mata pelajaran sebagai 

informan 5, guru pendamping khusus 

(GPK) sebagai informan 6, (pedoman 

wawancara terlampir). 

Komentar

Postingan Populer