Review Manajemen pendidikan inklusi diSD
Manajemen pendidikan inklusi di SDN kalirungkut 1 Surabaya
Oleh Arni Ariska
SDN Kalirungkut 1 Surabaya merupakan sekolah yang berbasis pendidikan inklusi, yang di dalamnya sesuai dengan surat keputusan kepala Dinas Pendidikan kota Surabaya terbaru No: 155/0107 yang ditetapkan pada 02 Januari 2018, bahwa jumlah sekolah inklusi di kota Surabaya berjumlah 55 sekolah.
Pada SDN Kalirungkut 1 Surabaya, terdapat kurang lebih sembilan puluh peserta didik berkebutuhan khusus yang mengikuti pembelajaran di kelas reguler dengan berbagai jenis ketunaan.
Dalam perencanaan pembelajaran nya menggunakan silabus, RPP dan PPI. Dengan menggunakan Kurikulum 2013. Selain itu pembelajarannya juga dimodifikasi dan dipilih sesuai kebutuhannya yaitu: pertama, anak dengan kemampuan akademik rata-rata dan di atas tinggi disiapkan kurikulum terpadu dengan kurikulum normal. Kedua, anak dengan kemampuan akademik sedang (di bawah rata-rata), disiapkan kurkulum modifikasi fungsional. Dan ketiga, anak dengan kemampuan akademik sangat rendah, disiapkan kurikulum pengembangan bina diri.
Dalam pelaksanaan pembelajarannya, siswa tetap berada di dalam kelas reguler mengikuti pembelajaran yang sama dengan siswa pada umumnya, namun pada jam tertentu peserta didik berkebutuhan khusus diarhakan ke dalam kelas sumber untuk mendapatkan bimbingan tambahan. Materi yang diberikan kepada peserta didik tidak jauh beda dengan peserta didik secara umum, sama-sama menggunakan kurikulum 2013 hanya saja dengan modifikasi. Tiap indikator dalam rencana pembelajaran diturunkan sesuai dengan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus. Sedangkan pelaksanaan program pembelajarna individual dilaksanakan ketika peserta didik berada di dalam kelas sumber.
Adapun evaluasi hasil pembelajaran ditunjukkan dengan pemberian raport atau laporan hasil belajar siswa yang diberikan kepada dinas pendidikan kota Surabaya setiap bulannya. Untuk evaluasi hasil belajar siswa tiap semester diberikan raport dengan dua jenis yaitu raport penilaian sesuai dengan peserta didik umum dan raport deskripsi hasil dari penilaian belajar selama berada di kelas sumber. Adanya Evaluasi pembelajaran tiap bulan dengan melaksanakan asesmen ini tujuannya untuk mengetahui perkembangan belajar siswa ada peningkatan atau tidaknya.
Komentar
Posting Komentar